Sugeng Rawuh

Sugeng rawuh wonten ing Oret-oretan kulo puniko, pramilo panjengengan kagungan wekdal... sumonggo dipun presani Artikel ingkang wonten Blog kulo meniko. Mugi-mugi saged ndadosaken pangiling-iling, pituduh, lan dadoso koco benggolo kagem gesang kito sedoyo.

Sabtu, 18 Desember 2010

Mikul Duwur Mendhem Jero

Mikul Duwur Mendhem Jero.. sebuah sesanti bahasa jawa yang dalam maknanya.
mikul duwur, berarti menjunjung tinggi. artinya menjunjung tinggi nama baik orang tua. ya dengan kita ber tingkah laku sopan terhadap masyarakat, itu akan membuat harum nama orang tua, meskipun orang tua kita orang yang biasa saja. namun dengan kita bertingkah laku sopan, baik, patuh hukum. itu akan membuat nama orang tua kita di hormati di masyarakat. cara yang lain adalah meraih prestasi setinggi tingginya, sehingga kehormatan orang tua kita juga akan terangkat. itulah kewajiban kita sebagai anak yang berbakti terhadap orang tua. sama juga kewajiban sebagai warga negara indonesia. dengan kita mikul duwur tadi. nama baik bangsa kita juga akan harum di mata dunia..
Yang kedua adalah Mendhem jero. sebuah ungkapan yang berarti memendam dalam. ya yang dipendam itu keburukan dari orang tua, dari bangsa kita. jangan kita perlihatkan tingkah laku buruk kita yang akan berdampak pada kehormatan orang tua dan bangsa kita.
Namun, jaman sekarang sudah banyak anak, dan warga negara, bahkan pejabat pejabat kita lupa akan sesanti Mikul duwur Mendhem jero tersebut.. banyak orang bangga dengan tingkah buruknya.. bangga mengungkapkan tindak kriminal yang sudah dilakukannya.. bangga terhadap kekayaannya yang mungkin itu hasil dari korupsi.. hasil dari jalan yang tidak halal... 
mari saudara, kita pelajari sesanti sesanti peninggalan leluhur kita, yang masih banyak jumlahnya.. dan saya yakin, itu bermanfaat bagi kita apabila mampu kita terapkan dalam kehidupan sehari hari kita.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar